Rabu, 26 Mei 2010

Pengaruh kinerja perbankan

Pengaruh kinerja perbankan

Ditulis oleh 4ld1 di/pada Februari 27, 2010

Kondisi perekonomian yang semakin terbuka membuat persaingan dalam dunia perbankan semakin ketat. Tantangan di dunia perbankan akan semakin sulit dengan diterapkannya API (Arsitektur Perbankan Indonesia). Berdasarkan laporan keuangan perbankan di Indonesia, laba perbankan dari tahun 2000 sampai tahun 2004 terus mengalami peningkatan, tetapi pada tahun 2005 laba perbankan mengalami penurunan sebesar 23.56% dan NPL (kredit macet) mengalami peningkatan.

Informasi tentang tingkat kesehatan keuangan suatu bank dapat diketahui dari analisis rasio keuangan. Bank Indonesia sebagai pengawas dan pembina bank nasional telah menetapkan metode CAMEL (Capital, Assets, Management,Earnings, Liquidity) yang dapat menghitung tingkat kesehatan suatu bank. Hal ini dilakukan pemerintah agar bank tetap menjaga kehati-hatiannya dalam melaksanakan fungsinya. Implementasi CAMEL diharapkan dapat menuntut keterbukaan dari pihak bank terhadap debitur dan krediturnya dalam mengelola modal dan resiko yang ada.

Berdasarkan latar belakang yang diuraikan, maka rumusan masalah yang akan dikaji adalah bagaimana tingkat kesehatan keuangan perbankan yang berstatus go public di Indonesia, bagaimana peta perbankan yang berstatus go public di Indonesia berdasarkan tingkat kesehatan keuangan, dan bagaimana kesiapan perbankan dalam menghadapi penerapan API (Arsitektur Perbankan Indonesia). Dari perumusan masalah yang ada, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan perbankan yang berstatus go public di Indonesia, mengetahui peta perbankan yang berstatus go public di Indonesia berdasarkan tingkat kesehatan keuangan, dan menganalisis kesiapan perbankan dalam menghadapi penerapan API.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menganalisis laporan keuangan perbankan yang telah berstatus go public selama tahun 2005 dan terdaftar di Bank Indonesia. Dari laporan keuangan yang didapatkan, selanjutnya dihitung rasio keuangan berdasarkan metode CAMEL. Pemetaan perbankan berdasarkan kinerja keuangan dilakukan untuk mengidentifikasi posisi kinerja keuangan bank yang diketahui dengan analisa Biplot. Analisis tingkat kesiapan perbankan dalam menghadapi penerapan API dilakukan secara deskriptif dengan membandingkan data-data dan kondisi perbankan yang ada terhadap ketentuan API yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia.

http://4ld1.wordpress.com/2010/02/27/pengaruh-kinerja-perbankan/

1 komentar:

  1. dari artikel ini dapat membantu saya dalam membuat penelitian ilmiah saya yg berhubungn dengan CAMEL juga

    BalasHapus